Recent Posts

src="http://i.imgur.com/LA9Lg.gif" alt='create your own banner at mybannermaker.com!' border=0 />
Copy this code to your website to display this banner!
SELAMAT DATANG DI PERSIB BANDUNG 1933, MENGULAS BERITA HANGAT, TERSAJI DALAM SITUS PERSIB BLOGSPOT, No. 1 DI INDONESIA !!! PLEASE ENJOY...!!!

Inilah Alasan Persib Terapkan Formasi 4-4-2

Bandung - Pelatih Persib Bandung Daniel Roekito sejak awal memang berkeinginan menerapkan pola 4-4-2, dengan alasan untuk lebih memaksimalkan kelebihan pemain yang dimiliki Maung Bandung. Daniel juga berharap formasi tersebut mampu menciptakan banyak gol saat menjamu Bontang FC, Sabtu (9/4/2011).

Saat ini keinginannya itu mulai direalisasikan setelah melakukan pembicaran dengan seluruh punggawanya. Menurut Daniel, seluruh pemain menyukai formasi tersebut sehingga ia memutuskan terus mengasah formasi 4-4-2 dengan empat pemain belakang sejajar.

Alasan lainnya lebih memilih formasi 4-4-2 ketimbang 3-5-2, jelas Daniel, untuk memanfaatkan pemain-pemain dengan skil dan teknik tinggi yang dimiliki Persib. Dengan formasi tersebut, Daniel tidak akan banyak menyimpan pemain yang memiliki kemampuan tinggi. Sebaliknya jika memakai pola 3-5-2 makan akan banyak pemain yang menganggur.

"Sayang, di Persib ini kan banyak pemain bagus, saya ingin memaksimalkan mereka. Apalagi sekarang kedua pemain sayap kita tak bisa main karena cedera (Atep dan Siswanto). Dengan formasi ini, kita bisa memanfaatkan kelebihan pemain yang ada," jelas Daniel usai memimpin sesi latihan di Stadion Siliwangi Bandung, Rabu (6/4/2011) pagi.

Lebih lanjut, Pelatih asal Rembang ini menjelaskan pola kerja formasi 4-4-2. Formasi ini memang hanya memiliki dua penyerang, namun tidak berarti bahwa tim dengan pola ini hanya menyerang dengan 2 orang di lini depan.
Dalam pola 4-4-2, outside midfielder atau outside back (jika melakukan overlap) bisa maju ke lini depan. Dengan demikian, akan terdapat 4 orang penyerang sekaligus. Dalam pola 4-4-2 ini, formasi bisa saja berubah menjadi 2-4-4 saat tim sedang melakukan serangan.

Itu dibuktikan dengan menempatkan 4 pemain yang berposisi sebagi striker di lini tengah dan depan. Seperti Cristian Cristian Gonzales dan Airlangga sebagai ujung tombak, serta Hilton Moreira dan Matsunaga Shohei di lini tengah mendampingi dua gelandang Persib. Khusus untuk Hilton dan Matsunaga yang ditempatkan di posisi gelandang serang, saat bermain keduanya otomatis akan membantu serangan Persib.

"Belum lagi jika ditambah dengan majunya salah satu center midfielder persis di belakang kedua striker (pola itu disebut offensive midfielder) maka akan terdapat 5 orang penyerang sekaligus. Kita optimalkan penyerang biar bisa cetak banyak gol," terangnya.

Daniel akan kembali mematangkan taktik dan strateginya tersebut pada sesi latihan Kamis (7/4/2011). "Besok kita ulangi lagi sampai benar-benar dimengerti oleh pemain. Matsunuga juga mulai mengerti karena sebelumnya banyak pemain yang megeluh kepadanya karena ia kurang menguasai. Formasi ini lebih efisien," tandasnya.


 source : inilahdotcom

0 komentar:

Posting Komentar

Pertandingan Sebelumnya : PERSIB 3-0 Bontang FC, Pertandingan Selanjutnya : PERSIB Vs PSPS,18 april 2011, 15.30 WIB, Live @antv "Jangan Lupa, Do'a-kan juga !!! supaya MENANG....

Sponsored !